Selasa, Januari 15, 2008

Perspektif persamaan Gender menurut pandangan Islam

PERSPEKTIF PERSAMAAN GENDER MENURUT PANDANGAN ISLAM

‘’Hai sekalian manusia, bertaqwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yng satu, dan dari padanya duanya Allah mengembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertaqwalah kepada Allah yang dengan mempergunakan nama-nama Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan periharalah hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu ‘’( Q. S. An-Nisa’ayat 1)

Ayat tersebut memberi inspirasi kepada kita adanya proses kejadian manusia yang sama. Status kejadian laki-laki sama dengan status kejadian perempuan, maka segi derajat pun antara keduanya akan sama. Adanya perbedaan jenis kelamin (seks) yang digariskan Tuhan, sebenarnya hanya merupakan bentuk pelabelan identitas kepada keduanya agar memiliki karakteristik dan kebanggaan. Perbedaan jenis kelamin laki-laki dan perempuan sesungguhnya tidak pernah akan menghambat segala aktivitas yang hendak mereka lakukan.

Dalam kehidupan social, antara laii-laki dan perempuan memiliki hak yang sama. Perbedaannya hanyalah dalam masalah kodrati, seperti menyusui, melahirkan, dan menstruasi. Akan tetapi, dibeberapa bagian kehidupan social, laki-laki dan perempuan kerap kali terjadi perbedaan. Perbedaan tersebut terkait dengan hal-hal yang bersifat fisik. Akibatnya, pihak laki-laki sering menerima perlakuan lebih dibandingkan dengan perempuan. Padahal Al-Qur’an sendiri melalui ayatnya tidak pernah membedakan mereka,yang membedakan hanya kadar ketaqwaan masing-masing.( Q.S. Al-Hujurat ayat :13)


Tidak ada komentar: